Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Saturday, December 31, 2011

Desain unik Minangkabau International Airport [+Pic]

Posted by dody rahman
:iloveindonesiaAssalamualaikum Wr.Wb:iloveindonesia

Ini merupakan thread ke-dua ane gan. Agan-agan semua ada yang udah tau Minangkabau International Airport di Sumatera Barat belom?? Bandara ini merupakan salah satu bandara terunik di dunia. Soalnya desainnya menggabungkan antara unsur etnik sama unsur moderen. Mau tau lebih banyak? Cekidot gan :peluk

Spoiler for latar belakang:
[imagetag]
Wilayah teritorial Sumatera Barat merupakan daerah perbukitan. Bukit Barisan membelah Sumatera Barat menjadi dua bagian membentang dari Utara ke Selatan. Kondisi geografis ini tidak menguntungkan dari segi ekonomi bagi transportasi darat dan laut.

Transportasi udara menjadi solusi atas masalah geografis ini. Dan provinsi Sumatera Barat memerlukan sebuah bandara yang bisa mewakili daerah ini serta berfungsi memajukan perkembangan perekonomian. Saat ini, transportasi udara dilakukan dengan menggunakan Bandar Udara Tabing di Padang.

Namun karena meningkatnya permintaan penumpang, Bandar Udara Tabing berpotensi mengalami masalah dimasa yang akan datang. Karena faktor keselamatan penerbangan Bandar Udara Tabing tidak dapat didarati pesawat berbadan besar begitu juga dengan penggunaan instrumen sistem pendaratan (ILS).

Karena adanya halangan berupa Gunung Pangilun dan Bukit Sariak, pengembangan areal Bandar Udara Tabing menjadi terbatas. Pemenuhan persyaratan keselamatan penerbangan dan dampak lingkungan atas pengoperasian Bandar Udara akan mengganggu pengembangan kota dimasa yang akan datang. Untuk mengatasi masalah tersebut dan memenuhi arus permintaan penumpang dimasa yang akan datang, diperlukan bandar udara yang memadai.

Setelah diadakan beberapa studi perbandingan atas Bandar Udara Tabing dan kemungkinan dibangunnya bandar udara baru, Pemerintah Republik Indonesia memutuskan untuk membangun bandar udara baru di Ketaping Batang Anai Padang Pariaman-Sumatera Barat. Proyek ini dilaksanakan oleh Departemen Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dengan bantuan dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

Tujuan proyek ini adalah untuk mempekerjakan konstruksi tahap I pengembangan rencana induk bandar udara baru. Studi kelayakan atas bandar udara baru ini dimulai pada tahun 1981. Hasilnya, merupakan rencana induk bandar udara baru di Ketaping Batang Anai Padangpariaman-Sumatera Barat.

Detail design pengembangan tahap I dilakukan pada tahun 1987. review design dilakukan pada tahun 1996, untuk menyesuaikan dengan persyaratan terbaru atas pengoperasian bandar udara baru. Tahap konstruksi dimulai pada tahun 2002 dan selesai pada tahun 2005.

Bandar Udara Internasional Minangkabau mempunyai lahan seluas 430 Ha terletak disepanjang pantai di Ketaping, Padang Pariaman, sekitar 23 km dari arah utara Kota Padang. Diharapkan pembangunan bandar udara ini bisa mengantisipasipemintaan lalu lintas udara pada tahun 2010 dan akan mengakomodasi pesawat berbadan lebar jenis Airbus 330.


Ini dia gambarnya gan, cekidot:
Spoiler for Unik gan:)b:
[imagetag]
Bandara Internasional Minangkabau (BIM) adalah pintu gerbang ke provinsi Sumater Barat. Sumatera Barat berada di bagian barat tengah pulau Sumatera dengan luas 42.297,30 km² . Provinsi ini memiliki dataran rendah di pantai barat, serta dataran tinggi vulkanik yang dibentuk Bukit Barisan yang membentang dari barat laut ke tenggara. Kepulauan Mentawai yang terletak di Samudera Hindia termasuk dalam provinsi ini. Garis pantai Sumatera Barat seluruhnya bersentuhan dengan Samudera Hindia sepanjang 375 km.

Danau yang berada di Sumatera Barat adalah Maninjau (99,5 km²), Singkarak (130,1 km²), Diatas (31,5 km²), Dibawah (Dibaruh) (14,0 km²), Talang (5,0 km²). Beberapa sungai besar di pulau Sumatera berhulu di provinsi ini, yaitu Sungai Siak, Sungai Rokan, Sungai Inderagiri (disebut sebagai Batang Kuantan di bagian hulunya), Sungai Kampar dan Batang Hari. Semua sungai ini bermuara di pantai timur Sumatera, di provinsi Riau dan Jambi.Sungai-sungai yang bermuara di pantai barat pendek-pendek. Beberapa di antaranya adalah Batang Anai, Batang Arau, dan Batang Tarusan.Gunung-gunung di Sumatera Barat adalah Marapi (2.891 m), Sago (2.271 m), Singgalang (2.877 m), Tandikat (2.438 m), Talamao (2.912 m), Talang (2.572 m).


Spoiler for keren:
[imagetag]

Spoiler for keren:
[imagetag]

Spoiler for mangstab:
[imagetag]

Spoiler for dalemnya gan:
[imagetag]

Spoiler for menara pengawasnya:
[imagetag]

Spoiler for dalemnya lagi gan:
[imagetag]

Spoiler for jalan akses bandara:
[imagetag]

Spoiler for ruang tunggunya nyaman:
[imagetag]

Spoiler for parkirannya bersih:
[imagetag]

Spoiler for lagi gan:
[imagetag]

Spoiler for banyak bule nya:
[imagetag]

Spoiler for liat ukiran khas minangnya deh gan:
[imagetag]

Spoiler for show:
Sekian dulu gan, ane cuma mengharapkan :toast mohon jangan di :batabig ya gan. Di tunggu juga kedatangannya di Minangkabau International Airport :2thumbup

Tidak lupa juga ane mengharapkan :rate5 makasih banyak ya gan

nitip thread ane yang lain ya gan
Spoiler for Apakah masa kebangkitan jurusan IT di PTN telah datang?:
http://kask.us/12276271

yupiz 01 Jan, 2012

Admin 01 Jan, 2012
-
Source: http://kaskus-forum.blogspot.com/2012/01/desain-unik-minangkabau-international.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment