Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Wednesday, January 18, 2012

[berita]Kompetisi Bisnis Pangkas Gap Kampus-Dunia Kerja

Posted by dody rahman
[imagetag]

Quote:

JAKARTA - Adanya kesenjangan (gap) antara mahasiswa dengan dunia kerja melatarbelakangi diselenggarakannya kompetisi bisnis TRUST untuk para mahasiswa. Ajang rutin tahunan Danone ini berupaya menempatkan mahasiswa sebagai manajer di sebuah perusahaan.

Sebanyak 28 tim dari sembilan universitas di Indonesia yang mengikuti kompetisi TRUST 2012 terpilih melalui proses seleksi yang cukup ketat. Uniknya, bukan mahasiswa yang mengirimkan proposal bisnis kepada Danone melainkan pihak Danone yang menyambangi 20 universitas di Nusantara.

Danone Trust Country Leader Adrian Baskoro mengatakan, proses seleksi TRUST 2012 terdiri atas tiga tahap. Pertama, dengan mengadakan Kampus Fair. Pada tahapan ini, pihak Danone mendatangi kampus-kampus dan memberikan informasi umum mengenai perusahaan serta carrier coach bagi mahasiswa.

"Mahasiswa itu masih abu-abu mengenai bidang pekerjaan yang akan mereka geluti nantinya sesuai dengan jurusan yang mereka tekuni. Misalnya, jurusan sastra ternyata dapat bekerja di bagian corporate secretary, public relations, dan sebagainya," kata Adrian saat jumpa wartawan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2012).

Pada kesempatan tersebut, lanjutnya, mahasiswa membuat CV yang ditujukan pada perusahaan Danone untuk diseleksi. "Dari 20 kampus tersebut, kami harus menyeleksi 5.000 CV dan melakukan interview langsung pada saat itu. Kemudian para mahasiswa yang lolos dikelompokkan berdasarkan divisi bidang pekerjaan yang diajukan," ujarnya.

Tahapan kedua, kata Adrian, adalah Manajemen training. "Para mahasiswa yang lolos tadi diinterview lagi oleh masing-masing divisi. Mereka diberikan kesempatan menjadi manajer divisi selama tiga bulan dan akan dilakukan pertukaran ke divisi lain. Hal ini bertujuan memberikan informasi bagi mahasiswa mengenai bidang pekerjaan lain di sebuah perusahaan," kata Adrian menjelaskan.

Tahap akhir, para peserta dikumpulkan dalam satu tim dengan anggota lima orang. "Mereka merupakan mahasiswa yang telah lolos selesksi di tingkat interview oleh manajer divisi," tuturnya.

Sementara itu, VP HR Danone AQUA Rudolf Saut mengungkapkan, kriteria pemilihan tim terbaik yang akan melakukan presentasi di depan para pimpinan Danone di Paris, Prancis, pada April mendatang adalah pemecahan kasus yang diberikan sesuai dengan prinsip yang dianut Danone.

"Kriteria penilaian utama adalah bagaimana para mahasiswa dari berbagai jurusan berbeda yang tergabung dalam satu tim bisa memecahkan kasus yang diberikan. Bagaimana mereka membuat strategi bisnis bukan hanya dari segi ekonomi tapi juga memperhatikan bidang sosial," kata Rudolf.

Tidak hanya mendapat kesempatan untuk mengunjungi Kota Mode, lanjutnya, para peserta TRUST juga berkesempatan menjadi karyawan group Danone. "Bukan berarti terikat untuk bekerja di group Danone karena mengikuti perlombaan ini. Tapi, mereka akan mendapat prioritas jika kelak mengajukan lamaran di group Danone," ujarnya menerangkan.

Adrian menambahkan, melalui kompetisi ini diharapkan dapat menghilangkan gap antara mahasiswa tingkat akhir dengan dunia kerja. "Memberi arahan bagi universitas dalam pembuatan modul ajaran yang lebih sesuai dengan dunia kerja. Sementara itu, kami juga melakukan kerja sama dengan peneliti-peneliti di universitas terkait produk olahan Danone," katanya.

sumber

"Sukses Buat acaranya .semoga semakin termotivasi untuk para mahasiswa :beer:"

fatal1ty 19 Jan, 2012

Admin 19 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/beritakompetisi-bisnis-pangkas-gap.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment