Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Tuesday, January 17, 2012

Cara Unik Orang PAPUA Menangkap Ikan

Posted by dody rahman
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Apakah molo itu? dalam bahasa papua Maksudnya tuh, nyelam ke dalam laut sambil bawa senapan berbahan kayu dengan amunisinya berupa besi panjang yang ujung depannya sangat tajam terus di bagian belakangnya dililit senar. Biasa juga disebut "jubi". Molo (bahasa daerah Papua yang artinya nyelam. Layaknya snorkling namun tanpa menggunakan alat bantu pernapasan, tapi kita harus nyelam hingga ke dasar laut). Nah untuk melakukan molo, sebaiknya dilakukan saat malam hari dan air laut sementara surut. Karena saat malam hari, umumya ikan-ikan pada bobo. Jadi tinggal gampang nembaknya.

Peralatan yang digunakan juga sederhana saja. Peralatannya terdiri atas senapan kayu (batang kayu yang dibuat menyerupai senapan), batang besi yang agak panjang (bisa 1 meter lebih), terus senter khusus bawah air (baterainya banyak banget lho…), jala yang telah diberi pelampung buat nampung ikan yang didapat, botol-botol air mineral lengkap dengan penutup, buat naruh rokok, korek, baterai. Sepatu untuk menghindari telapak kaki menginjak karang serta baju ketat berlengan panjang dan celana panjang ketat.kalau dilakukan pada saat siang hari biasanya hanya memakai celana pendek saja dengan kacamata air.

Molo, sebaiknya dilakukan oleh yang berpengalaman karena teknik menyelam itu berbeda dengan berenang. Jadi musti mengetahui sedikit teknik-teknik nyelam amatir ,Selain itu, si penyelam juga harus mampu tahan nafas di dalam air cukup lama. Menurut salah satu penyelam molo, dia mampu nyelam hingga kedalaman 15-20 meter (sampai telinga sakit) dan berada didalam laut hingga 3-5 menit tanpa mengambil nafas.















sumber

up2det 18 Jan, 2012


-
Source: http://www.jelajah.up2det.com/2012/01/cara-unik-orang-papua-menangkap-ikan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment