Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Sunday, January 15, 2012

DITEMUKAN, TEMPAT SEMEDI JAMAN RAJA BRAWIJAYA

Posted by dody rahman
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Sebuah situs yang diduga kuat tempat semedi Patih Nambi di era Raja Brawijaya Kerajaan Majapahit, ditemukan warga di Dusun Sumberayu Desa Pamotan, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Saat ditemukan, situs berada di atas lahan ditanami ubi milik warga desa. Kondisi fisik situs panjang 8 x 8 meter, dengan ukuran batu bata panjangnya 40 centimeter, tinggi 40 centimeter serta lebar 25 centimeter. Kondisi sebagian batu bata sudah rusak, karena terkena pacul warga yang sedang membuka lahan untuk bertani.

Koordinator Purbakala wilayah Malang Raya dari Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto, Hariyoto, mengatakan situs itu ditemukan warga pada Jumat (23/12/2011), tetapi baru dilaporkan Senin (26/12/2011).

"Sesuai penelusuran kita, dugaan sementara situs ini merupakan tempat semedi Patih Nambi di era Raja Brawijaya Kerajaan Majapahit. Sebab prajurit Majapahit saat perjalanan pulang di wilayah Lumajang, membuatkan tempat semedi untuk Patih Nambi," kata Hariyoto.

Hariyoto mengaku, pihaknya terus mendalami penemuan situs itu dengan menerjunkan tim arkeolog untuk menggalinya, sebab dengan upaya penggalian akan diketahui secara pasti sejarah situs itu. "Situs ini, mungkin juga berkaitan dengan situs yang telah ada sebelumnya di wilayah perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang, seperti Candi Jawar," ujarnya.

Hariyoto menjelaskan, Candi Jawar merupakan salah satu jejak peninggalan Patih Nambi di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Sehingga penemuan situs baru tersebut dimungkinkan ada kaitannya dengan Candi Jawar, karena lokasinya yang tidak seberapa jauh.

Menanggapi penemuan situs, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Ratna Nurhayati mengaku belum mendapatkan laporan terkait temuan itu. Namun pihaknya mendukung jika situs tersebut dijadikan salah satu benda purbakala, atau cagar budaya purbakala yang dilindungi. "Hingga hari ini belum ada laporan yang masuk, namun apabila penemuan situs itu dijadikan cagar budaya untuk dilindungi maka saya akan mendukungnya," katanya.

[surya.co.id]

up2det 15 Jan, 2012


-
Source: http://www.lintas.up2det.com/2012/01/ditemukan-tempat-semedi-jaman-raja.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment