Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Sunday, January 29, 2012

Indra Sentuhan Yang Dimiliki Sebuah Mesin

Posted by dody rahman
Para peneliti di Temple University (Philadelphia, PA, USA) telah menciptakan sebuah sistem prototipe yang menggunakan sensor pencitraan untuk memungkinkan dokter dapat meniru sensasi sentuhan manusia selama pemeriksaan fisik pasien kemudian mengukurnya.

[imagetag]

"Tangan manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk menyentuh sesuatu dan memberitahu apakah itu lembut atau keras, apakah itu basah atau kering dan bahkan membaca suhu. Kami mencoba untuk meniru sensasi sentuhan dengan perangkat yang benar-benar akan mengkuantifikasi ini serta memberikan kita sifat mekanik dari apa yang kita rasakan, "kata Chang-Hee Won, seorang profesor teknik listrik .

Won mengatakan sensor pencitraan sentuhan bisa membantu dokter saat melakukan pemeriksaan fisik pada pasien dengan mendeteksi ukuran dan bentuk suatu lesi atau tumor, serta elastisitas dan mobilitas. Setelah dokter merasakan lesi, benjolan, atau tumor, ia kemudian dapat menggunakan perangkat untuk benar-benar mengkarakterisasi sifat mekanik dari penyimpangan yang telah dirasakan.

Sensor sentuhan pencitraan portabel dapat dipasang ke komputer desktop atau laptop yang memiliki port kabel FireWire. Dilengkapi dengan empat lampu LED dan kamera, . perangkat ini berbentuk kubus dan transparan bersifat lentur pada elastomer ujungnya , di mana cahaya disuntikkan. Lampu disuntikkan akan disimpan dalam kubus kecuali elastomer intrusi dari perubahan lesi atau tumor kontur permukaan elastomer, dalam kasus ini akan menunjukkan cahaya keluar dari kubus.

Kamera sensor kemudian menangkap gambar lesi atau tumor disebabkan oleh cahaya yang dipantulkan setelah mereka diproses dengan algoritma baru untuk menghitung sifat-sifat mekanik lesi itu.

Won mengatakan bahwa perangkat ini noninvasif dan dapat mendeteksi benjolan atau tumor sampai 3 cm di bawah kulit. Selain menjadi portabel dan noninvasif, perangkat ini juga murah - Won berkata prototipe dijual sekitar $ 500.
[imagetag]

Kapur Putih 29 Jan, 2012

Blogger 30 Jan, 2012


-
Source: http://foto-menarik.blogspot.com/2012/01/indra-sentuhan-yang-dimiliki-sebuah.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment