Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Wednesday, January 11, 2012

Jokowi Akan Setir Esemka Solo-Jakarta

Posted by dody rahman
Tak hanya menjadi brand ambassador sekaligus sales Kiat Esemka di Kota Solo, Wali Kota Joko Widodo bahkan mengaku siap membawa mobil rakitan anak-anak SMK itu ke Ibukota, Jakarta.

Namun, niatnya itu masih menunggu keluarnya surat izin. Sehingga, rencana mengendarai mobil untuk uji emisi dan kelaikan jalan pun masih menunggu turunnya surat izin.

"Untuk saat ini kami fokus perbaikan dapur dulu untuk persiapan uji emisi dan kelaikan jalan di Jakarta," kata Jokowi, panggilan akrabnya kepada wartawan, Kamis 12 Januari 2012.

Menurut rencana, Jokowi akan menyetir sendiri mobil Esemka dari Solo-Jakarta untuk melakukan uji emisi. "Kalau nanti surat izinnya turun yang dikendarai, tetapi kalau tidak turun ya diangkut dengan truk trailer," ujarnya.

Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengungkapkan mobil Esemka rencananya akan dibawa ke Jakarta pada pekan depan. "Kemungkinan Minggu depan sudah bisa uji emisi di Jakarta," ujar dia.

Jika izin membawa mobil tersebut keluar, baik Walikota maupun Wakil Walikota Solo siap mengendarainya dari Solo menuju Jakarta. "Saya akan mengendarai mobil itu jika surat izinnya sudah keluar. Nanti saya atau Pak Wali akan didampingi dari tim," katanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Boediono berharap mobil karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo, Kiat Esemka, tidak hanya lulus uji kelaikan. Mobil yang dibanderol seharga Rp95 juta itu juga harus diuji secara ekonomi. "Saya bangga adik-adik kita yang masih muda bisa membuat mobil," kata Wapres dalam pertemuan dengan editor di Jakarta, Rabu 11 Januari 2012.

Namun, Boediono menegaskan, mobil tersebut juga harus lulus kelayakan ekonomi. "Kalau tidak, nanti pemerintah harus mensubsidinya," ujar Boediono.

Wapres menjelaskan, banyak mobil yang beredar di Indonesia, kandungan lokalnya kini sudah cukup tinggi. "Jadi, yang terpenting, ide dan kreasi itu kita hargai dan terus didorong," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, jika hasil uji kelaikan mobil berkapasitas mesin 1.500 cc itu dinyatakan lulus tes, Kiat Esemka bisa mulai masuk tahap skala industri. Pada tahap ini, pemerintah menyarankan agar produsen mobil karya anak bangsa itu bekerja sama dengan pelaku di industri otomotif.



sumber : viva.com

up2det 12 Jan, 2012


-
Source: http://www.terselubung.up2det.com/2012/01/jokowi-akan-setir-esemka-solo-jakarta.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment