Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Sunday, January 22, 2012

Kapten kapal Concordia lalai karena wanita

Posted by dody rahman
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
GIGLIO--MICOM: Kapten kapal pesiar Costa Concordia Francesco Schettino telah ditahan karena lalai dalam tugasnya. Ia meninggalkan kapal tersebut sebelum semua penumpangnya diselamatkan. Ini bisa disimpulkan dari transkrip pembicaraan antara Schettino dan Kapten Gregorio De Falco, penjaga pantai Italia di Livorno.

Kapten kapal Costa Condordia dilaporkan dilihat oleh petugas penyelamat dan penumpang melarikan diri saat proses evakuasi berlangsung. Pemilik kapal pesiar tersebut Carnival Cruise merilis pernyataan yang menyebut ada kesalahan manusia signifikan yang dilakukan Kapten Francesco Schettino yang menyebabkan kecelakaan tersebut.

Polisi juga tengah menyelidiki tuduhan bahwa kapten tersebut meninggalkan kapal sebelum seluruh penumpangnya berhasil diselamatkan. Berdasarkan hukum laut Italia, kapten yang meninggalkan kapal dalam keadaan bahaya terancam hukuman penjara selama 12 tahun.

Transkrip pembicaraan antara Schettino dan De Falco pertama kali dipublikasikan di laman daring Corriere della Sera. Penjaga pantai Italia menginformasikan keaslian rekaman tersebut kepada The Associated Press, Selasa (17/1).

Dalam percakapan tersebut, De Falco berulang kali memerintahkan Schettino agar kembali ke kapal untuk memantau evakuasion. Namun, Schettino menolak, dengan beralasan bahwa keadaannya gelap.

Berikut transkrip komunikasi tersebut:
De Falco: "Ini De Falco bicara dari Livorno. Apakah saya bicara dengan komandan?

Schettino: "Ya. Selamat malam, Komandan De Falco."

De Falco: "Mohon sebutkan nama Anda."

Schettino: "Saya Komandan Schettino, Komandan."

De Falco: "Schettino? Dengar, Schettino. Ada beberapa orang terjebak di kapal (Costa Concordia). Sekarang Anda pergi dengan perahu ke haluan kanan kapal. Di sana ada tangga tali. Anda naik lewat tangga itu ke kapal. Anda beritahukan kepada saya berapa banyak orang di sana. Jelas? Saya sedang rekam pembicaraan ini, Komandan Schettino..."

Schettino: "Komandan, boleh saya sampaikan satu hal..."

De Falco: "Bicaralah! Letakkan tangan di ujung mikrofon dan bicara lebih keras, jelas?"

Schettino: "Saat ini kapal telah terguling..."

De Falco: "Saya paham itu, dengar, ada beberapa orang yang turun lewat tangga di haluan. Kamu naik ke kapal dengan itu, dan sebutkan jumlah orang yang berada di kapal. Dan apa yang dibutuhkan mereka. Jelas? Kamu perlu bertahukan saya jika ada anak-anak, wanita, atau orang yang butuh pertolongan. Dan beritahukan saya jumlah pasti masing-masing kategori ini. Jelas? Dengar, Schettino, jika kamu hanya menyelamatkan diri kamu sendiri, saya akan... Saya akan memastikan kamu mendapat masalah. Saya akan membuat kamu menebus (kesalahan) ini. Pergi ke kapal, (sambil menyumpah-nyumpah)!"

Schettino: "Komandan, tolonglah..."

De Falco: "Tidak. Kamu pergi ke kapal. Mereka mengatakan kepada saya di kapal masih ada..."

Schettino: "Saya di sini dengan perahu penyelamat, saya di sini, saya tidak akan ke mana-mana, saya di sini..."

De Falco: "Apa yang Anda lakukan, Komandan?"

Schettino: "Saya di sini mengoordinasikan penyelamatan..."

De Falco: "Apa yang kamu koordinasikan di sana? Pergi ke kapal! Koordinasikan penyelamatan di sana. Apa Anda menolak?

Schettino: "Tidak, saya tidak menolak."

De Falco: "Apa Anda menolak pergi ke kapal, Komandan? Bisakah Anda jelaskan alasan Anda tidak mau pergi?"

Schettino: "Saya tidak ingin pergi karena perahu lain berhenti."

De Falco: "Anda berangkat. Ini perintah. Jangan bikin banyak alasan. Anda telah menyatakan diri 'meninggalkan kapal'. Sekarang saya yang bertanggung jawab. Anda pergi sekarang! Jelas? Anda dengar saya? Ayo jalan, dan hubungi saya saat Anda sudah di kapal. Tim penyelamat udara saya ada di sana."

Schettino: "Di mana tim Anda?"

De Falco: "Tim saya sudah di atas haluan. Pergi. Ada beberapa jenazah di sana, Schettino."

Schettino: "Berapa banyak mayat di sana?"

De Falco: "Saya tidak tahu. Saya baru dengar satu jenazah. Anda orang yang harusnya bero tahu saya berpa jumlah mereka."

Schettino: "Tetapi di sini gelap dan kami tidak bisa melihat apa-apa...."

De Falco: "Dan lalu apa? Anda ingin pulang, Schettino? Di situ gelap dan Anda ingin pulang? Pergi ke geladak kapal, gunakan tangga tali. Dan katak kepada saya apa yang bisa dilakukan, berapa banyak orang di sana dan apa yang mereka butuhkan. Sekarang!"

Schettino: "...Saya sekarang dengan wakil saya."

De Falco: "Anda berdua yang pergi, lalu ... Anda berdua naik kapal sekarang. Jelas?"

Schettino: "Komandan, saya ingin pergi ke kapal, tetapi ada perahu lain di sini ... ada tim penyelamat lain. Mereka berhenti dan menunggu..."

De Falco: "Sudah satu jam Anda mengatakan hal yang sama Sekarang, pergi ke kapal. Pergi! Dan segera sampaikan ke saya berapa jumalah orang di sana."

Schettino: "Baik, Komandan."

De Falco: "Ayo jalan, cepat!"


Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2...Komunikasinya-

Mandiwajib 23 Jan, 2012

Admin 23 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/kapten-kapal-concordia-lalai-karena.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment