Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Thursday, January 19, 2012

Konflik Papua, SBY Kritik Balik LSM Asing

Posted by dody rahman
[imagetag]
Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengkritik balik LSM-LSM asing yang kerap menyentil kebijakan pemerintah dalam menangani persoalan Papua. Menurut SBY, penegakan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, termasuk Papua, adalah kewajiban negara.

"Papua adalah bagian sah, bagian integral dari negara kita. Tidak masuk akal jika ada NGO, pihak mana pun, yang seolah-olah mengatakan kita dilarang untuk menegakkan kedaulatan hukum dan keamanan di Papua," kata SBY.

Hal itu dikatakan SBY saat memberi pengarahan dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri 2012 di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Kebayoran Baru, Jaksel, Jumat (20/1/2012). Hadir dalam acara Panglima TNI, Kapolri dan sejumlah menteri bidang Polkam.

"Khusus penugasan TNI dan Polri di Papua, saya sudah jelaskan beberapa kali, kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI ini harus kita ditegakkan. Tidak ada alternatif lain. Hukum dan kamtibmas di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Papua, di Aceh dan di mana pun harus kita jaga," kata SBY.

SBY menyadari akhir-akhir ini ada perhatian dari kalangan dalam dan luar negeri tentang Papua. Dia pun mengatakan, telah menyampaikan dengan tegas kepada siapa pun tentang kebijakan pemerintah menyangkut Papua. "Termasuk kolega-kolega saya para pemimpin dunia," ujarnya.

SBY mengungkapkan, para pemimpin dunia menanyakan kepadanya soal Papua pada ASEAN Summit beberapa waktu yang lalu.

"Meski mereka percaya kita dan mereka beri apresiasi tinggi, tapi karena NGO, press, dan kongres mereka angkat isu-isu begini, tentu mereka menanyakan ini ke saya. Saya jelaskan secara gamblang apa yang menjadi kebijakan kita," ujarnya.
SBY menjelaskan, kebijakan dasar pemerintah menyangkut Papua adalah pendeketan kesejahteraan (prosperity approach). Pendekatan ini adalah perubahan pendekatan keamanan (security approach) yang sebelumnya pernah dilakukan.

"Itu (kebijakan kesejahteraan-red) bukan hanya lips service, tapi kita jalankan melalui kebijakan, program, bahkan alokasi dan disrtibusi anggaran untuk Papua dan itu besar. Anggaran pembangunan per kepala di Papua adalah yang tertinggi di Indonesia," papar SBY.

Kepada PBB dan para pemimpin dunia, SBY menjelaskan, pemerintah RI sungguh ingin mempercepat pembangunan ekonomi dan mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat di Papua. Namun kenyataannya, kata SBY, di Papua masih ada aksi-aksi politik dan aksi-aksi bersenjata dari elemen separatis.

"Dunia juga harus tahu masih ada elemen-elemen separatisme baik yang bergerak secara politik maupun dengan gerakan bersenjata. Itulah sebabnya TNI-Polri mengemban tugas di sana. bukan tanpa alasan. Bukan tanpa justifikasi. Itu pun dalam jumlah relatif kecil. Dan TNI kita tidak melakukan operasi ofensif, pertempuran-pertempuran besar di Papua," ujarnya.


Sumber

LSM yang mana nih pak beye

turiputih 20 Jan, 2012

Admin 20 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/konflik-papua-sby-kritik-balik-lsm.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment