Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Saturday, January 7, 2012

Nama MPV Suzuki Terinspirasi dari Indonesia

Posted by dody rahman
Produsen mobil Suzuki baru saja memperlihatkan Multi Purpose Vehicle (MPV) anyar bernama Ertiga. Usut punya usut, nama Ertiga ternyata terinspirasi dari bahasa Indonesia.

Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited Shinzo Nakanishi mengatakan kalau nama Ertiga terinspirasi dari bahasa Indonesia.

Dahulu ketika masih dalam bentuk konsep, mobil ini dinamakan dengan nama rIII yang bila disebut dalam bahasa Indonesia akan berbunyi 'Ertiga.' Ketika dalam bentuk konsepnya, mobil ini juga sempat dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010.

"Nama Ertiga terinspirasi dari Indonesia dan saya rasa nama ini adalah nama yang bagus, mudah diucapkan dan mudah diingat," jelas Nakanishi juga merupakan salah satu pelopor pembangunan merek Suzuki di Indonesia.

Nama ini menurut Nakanishi terdengar bagus dan menarik serta mudah diingat oleh orang-orang dari negara mana pun.

Suzuki Ertiga sendiri merupakan mobil 7 penumpang yang diluncurkan di India tapi juga akan segera masuk Indonesia. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Wheelbase mobil ini berada di angka 2.740 mm.

Desain mobil yang menerapkan front wheel drive ini tampak segar dengan garis yang mengalir dari facia hingga ke buritan. Desain eksterior ini berpadu dengan interior yang memadukan dua warna dengan audio system yang sudah dilengkapi dengan USB dan 4 speaker serta 2 tweeter.

Sementara untuk pengendara, kontrol audio kini sudah bisa diatur melalui tombol di roda kemudi.

Sementara untuk dapur pacunya, Suzuki menghadirkan 2 pilihan mesin pada mobil yang sudah dilengkapi dengan immobilizer ini yakni mesin bensin 1.4 liter yang merupakan mesin generasi baru dan mesin diesel 1.3 liter.

Untuk mesin bensinnya, Suzuki menaruh mesin K-series berkapasitas 1.4 liter yang mampu memuntahkan tenaga hingga 70 kW di 6.000 rpm dengan torsi 130 Nm di 4.000 rpm.

Sementara mesin diesel berkapasitas 1.3 liter sudah memiliki tenaga hingga 66 kW di 4.000 rpm dengan 200 Nm di 1.750 rpm sebagai torsinya. Mesin ini pun sudah dilengkapi dengan teknologi DDiS Super Turbo.

Namun, meski memiliki tenaga yang lumayan, kedua varian Ertiga ini akan datang dengan efisiensi tinggi. Untuk mesin bensinnya, Ertiga mampu membukukan efisiensi hingga 16,02 km/liter, sementara untuk mesin dieselnya mampu mencatatkan efisiensi hingga 20,77 km/liter.

Untuk harganya, Suzuki yang akan melepas Ertiga pada bulan Maret nanti di India, kabarnya akan dilepas dengan harga sekitar Rp 120,7 juta sampai Rp 138 juta.


sumber : detik.com

up2det 08 Jan, 2012


-
Source: http://www.terselubung.up2det.com/2012/01/nama-mpv-suzuki-terinspirasi-dari.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment