Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Tuesday, January 24, 2012

Tarif Enam Ruas Tol Akan Naik [Lagi], Kanci-Pejagan Paling Awal

Posted by dody rahman
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!


Quote:


Tarif Enam Ruas Tol Akan Naik [Lagi], Kanci-Pejagan Paling Awal


[imagetag]


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT di Kementerian Pekerjaan Umum Ahmad Ghani Gazali mengatakan, tarif enam ruas tol di Indonesia akan naik tahun ini.

Keenam ruas tol yang akan mengalami kenaikan tarif itu adalah jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) W1, jalan tol Prof. Dr. Sedyatmo atau tol Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, Jakarta-Cikampek, Kanci-Pejagan, dan Surabaya-Gresik. Kenaikan tarif ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan di mana penyesuaian tarif jalan tol dilakukan setiap dua tahun sekali dan besarannya disesuaikan dengan besaran rata-rata inflasi pada daerah atau tempat tol itu. BPJT menggunakan angka inflasi dari Badan Pusat Statistik untuk menentukan kenaikan tarif tersebut.

Ghani mengatakan, sebelum usulan kenaikan tarif disetujui, para operator tol harus memenuhi standar pelayanan minimum (SPM) yang dipersyaratkan sesuai regulasi. Jika SPM tidak terpenuhi, maka ia akan menunda kenaikan tarif tol seperti pernah terjadi pada tol Makassar IV beberapa waktu lalu. Ia menyebutkan, BPJT sudah menurunkan tim untuk melakukan evaluasi akan kelayakan tol dan SPM dari enam ruas tol itu.

"Yang paling dekat, jadwal kenaikannya adalah ruas Kanci-Pejagan. Harusnya sekitar Januari, tetapi bisa saja hingga ke Februari, tergantung apakah dia lolos SPM-nya atau tidak," Ghani kepada pers di Jakarta, Selasa (24/1/2012).

Ia mengatakan telah menerima banyak keluhan mengenai kualitas jalan tol Kanci-Pejagan yang tidak merata. "Tolnya beton dan belum dilapisi aspal (black top) sehingga kurang nyaman," katanya. Ghani tidak merinci apakah pelapisan aspal pada ruas tol milik Bakrie Group melalui Bakrie Toll Road (BTR) itu akan dipersyaratkan dalam SPM sebelum jadwal kenaikannya disetujui oleh pemerintah.

Tahun lalu Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah menyetujui kenaikan tarif 14 ruas tol di Indonesia. Dari seluruh ruas itu, ada dua ruas tol yang tidak mengalami kenaikan tarif. Kedua ruas tol yang tidak mengalami perubahan harga yakni ruas tol Semarang seksi A-B-C dan tol Ujung Pandang I-II. Hal itu dikarenakan kenaikan tarif kedua ruas tol tersebut di bawah Rp 250. Pembulatan ke bawah memang patut dilakukan supaya tidak ada kesulitan dalam pembayaran. Namun, pemerintah akan tetap mencatat kenaikan yang kecil ini untuk perhitungan dua tahun mendatang.

Adapun 12 ruas tol yang mengalami kenaikan tarif tahun lalu adalah tol Jakarta-Bogor-Ciawi, Jakarta-Tangerang, tol dalam kota, Lingkar Luar Jakarta (JORR), Padalarang-Cileunyi, Surabaya-Gempol, Palimanan-Kanci, Cipularang, Pondok Aren-Ulujami, Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Serpong-Pondok Aren, dan Tangerang-Merak. Kenaikan tarif itu efektif berlaku pada 7 Oktober 2011.



Menyedihkan ditengah isu pembatasan bahkan opsi eknaikan harga BBM yang belum juga masyarakat belum merasakan kinerja bagus dari PERTAMINA untuk menghasilkan kualitas BBM baik, kemabli kita dihadapkan dengan rencana kenaikan 6 ruas TOL yangs udah hampir di pastikan disetujui. lantas kita kembali berpikir hingga 1 dasawarsa lebih kita belum juga disuguhkan solusi terbaik yg diberikan oleh pengelola jalan TOL untuk mengatasi banyak kekurangannya seperti macet, kondisi aspal/jalan bahkan kejahatan derek liar di tengah TOL, jika memang kenaikan diimbangi dengan solusi dan jalan keluar yg baik kita tentunya juga tidka merasakan kberatan namun sialnya kita tidak mendapatkan kompensasi yang berimbang.

share2friends 25 Jan, 2012

Mr. X 25 Jan, 2012


-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/01/tarif-enam-ruas-tol-akan-naik-lagi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment