Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Monday, January 30, 2012

waduh! Menara Big Ben Terancam Ambruk

Posted by dody rahman
[imagetag]

108CSR.com - Anda pasti tahu menara Big Ben di Istana Westminster, Inggris. Ya, menara yang menjadi kebanggaan Inggris itu dikabarkan semakin miring. Hal tersebut menimbulkan ketakutan bahwa menara itu tergelincir ke Sungai Thames.

Hal ini meningkatkan kekhawatiran akan masa depan lambang kebanggaan kota London itu. Media setempat melaporkan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Inggris menggelar pertemuan Senin lalu untuk mendiskusikan hasil laporan survei untuk perbaikan Big Ben.

DPR memang pihak yang bertanggung jawab dalam menjaga bangunan neo-Gothic dari awal abad 19 ini. Biaya perbaikan Big Ben diperkirakan mencapai miliaran Poundsterling. Menara setinggi 96 meter itu kini puncaknya sudah miring ke arah kiri dengan kemiringan mencapai 46 cm, salah satunya akibat pengerjaan jalur kereta bawah tanah Jubilee.

Namun ahli konstruski yang juga mengerjakan renovasi menara miring Pisa di Italia mengatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Dia mengatakan butuh 10.000 tahun untuk mencapai sudut yang ditakutkan.

Profesor John Burland dari Imperial College London juga mengatakan bahwa pengerjaan jalur kereta bawah tanah Jubilee pada 1990-an bukan penyebab kemiringan dan retakan pada BIg Ben. Sementara juru bicara komisi DPR mengatakan kemiringan Big Ben sudah ada sejak dibangun pada 1859.

"Menara sudah miring selama bertahun-tahun. Ketika saya pertama kali mulai mengerjakan parkiran, terlihat jelas bahwa menara itu sudah miring," ujar Burland. Dia juga mematahkan ketakutan media yang menyatakan gedung parlemen ini akan rubuh ke Sungai Thames. (ary/int)

sumber

sipp akhirnya menara pisa ada saingan nih, tinggal tunggu mana duluan yang tiduran :D

ujungcakrawala 26 Jan, 2012

Admin 26 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/waduh-menara-big-ben-terancam-ambruk.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment