Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Friday, February 3, 2012

362.969 Penduduk Miskin Garut Saksikan DPRD Bermobil Rp3,6 Miliar

Posted by dody rahman
"Bersamaan banyaknya penduduk rawan daya beli, balita bergizi buruk, bahkan nyaris terancam kelaparan"

www.GarutNews.com ( Kamis, 2/2 ).

Sekurangnya 362.969 penduduk miskin di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dipastikan bakal segera menyaksikan wakilnya menikmati fasilitas baru, berupa 16 unit mobil anyar bernilai sekitar Rp3,6 miliar.

Barangkali ironis dan tidak populis, pembelian 16 kuda besi dialokasikan dari APBD 2012 tersebut, dilakukan bersamaan banyaknya penduduk rawan daya beli, balita bergizi buruk, bahkan nyaris terancam kelaparan.

Sebanyak 16 mobil baru, yang akan melesat maupun "ngageuleuyeung" di daerah tertinggal ini, terdiri 12 unit Daihatsu Terios bagi anggota dewan, satu unit Toyota Fortuner untuk Ketua DPRD, dan tiga unit Honda All New CRV untuk tiga unsur pimpinan lainnya.

Sedangkan tiga unit Suzuki Grand Vitara didatangkan 2009 lalu, rencananya dipergunakan para Ketua Fraksi.

Sekretaris Dewan DPRD setempat, Farida Susilawati mengatakan, Kamis (2/2), jenis Sport Utility Vehicle (SUV) didatangkan, menggantikan inventaris yang dinilai tidak layak dipergunakan.

Sehingga pembelian mobil baru tersebut, menjadi kebutuhan mendesak mengingat kendaraan inventaris yang ada sudah terbilang tua, di atas usia 10 tahun.

Mengakibatkan, kinerja anggota dewan menyerap aspirasi rakyat kerap terganggu, selain sering mogok, dewan juga harus mengeluarkan biaya perawatanRp 600juta per tahun, katanya.

"Kendaraan dinas yang dipergunakan anggota dewan saat ini, jenis kijang dan escudo rakitan 1998, 1999, 2000, dan 2003, usianya terbilang tua dan sering mogok, sering dikeluhkan anggota dewan terutama saat melakukan kunjungan kerja ke tempat terpencil menempuh medan berat," ungkap Farida kepada wartawan.

Ungkapan senada dikatakan Wakil Ketua DPRD, Lucky Lukmansyah Trenggana, kata dia, kebutuhan mobil baru operasional wakil rakyat itu, ditangguhkan sejak dua tahun lalu, mengingat masih banyaknya masyarakat memerlukan anggaran.

Tetapi, kebutuhan mobil baru benar-benar mendesak untuk menunjang kinerja dewan, jangka waktu tujuh hingga sepuluh hari dalam satu bulan, dewan melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah hingga ke tempat terpencil dengan medan sangat berat.

Karena itu, sebagaimana diatur Permendagri, Ketua Dewan memerlukan kendaraan berkapasitas 2,500 cc, Wakil Ketua (2.200 cc), sedangkan anggota dewan (2.000 cc).

Lucky berharap, adanya mobil baru bisa menekan anggaran perawatan supaya lebih efektif dan efisien, katanya.

Jika mobil baru datang, mobil inventaris dewan lama diserahkan pada "Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset" (DPPKA) Garut, untuk dipergunakan instansi di lingkup Pemkab Garut. *****(aji/john).

herot 03 Feb, 2012

Mr. X 03 Feb, 2012


-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/02/362969-penduduk-miskin-garut-saksikan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment