Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Thursday, February 2, 2012

Abrasi Pesisir Pantai Rusak Pemakaman di Sumenep

Posted by dody rahman
Abrasi Pesisir Pantai Rusak Pemakaman di Sumenep



Quote:

[imagetag]



Quote:

Gelombang besar dan arus deras yang terjadi selama cuaca ekstrem di Sumenep, Jawa Timur, berdampak serius terhadap kondisi pantai Desa Banmaleng, Pulau Giliraja, Kecamatan Giligenting. Ratusan meter pesisir pantai tersebut mengalami abrasi.

Salah satu tokoh pemuda Banmaleng, Maulidi Akbar, Minggu (29/01/12) menjelaskan, pesisir pantai yang terkena abrasi tersebut panjangnya mencapai 750 meter. "Bahkan sudah sekitar 2 hingga 3 meter yang tergerus dari bibir pantai," katanya.

Maulidi memaparkan, abrasi tersebut sebenarnya sudah terjadi cukup lama, namun semakin parah saat terjadi cuaca ekstrem selama sepekan ini. "Saat cuaca ekstrem kan arusnya makin deras. Jadi pantai yang terkikis ini juga makin parah," ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, tidak hanya di pesisir pantai, abrasi juga nyaris merusak lahan pertanian warga, dan menghancurkan pemakaman di daerah pesisir pantai.

"Namanya makam 'Mondung'. Ini mulai rusak terkena abrasi. Bahkan kemarin ada tulang dan tengkorak manusia yang berserakan, karena makamnya pecah tergerus abrasi," ungkapnya.

Maulidi menambahkan, warga setempat saat ini melakukan perbaikan, dan membangun tanggul-tanggul tradisional, dengan membuat pelengsengan dari bambu-bambu. "Warga khawatir abrasi makin parah dan meluas ke lahan pertanian. Makanya sekarang ini warga gotong royong membangun sendiri tanggul-tanggul di pesisir pantai," tuturnya.

Maulidi berharap agar Pemkab Sumenep melalui instansi terkait segera turun tangan menangani abrasi yang terjadi dipulau Giliraja. "Kami sangat membutuhkan pembangunan palengsengan, agar abrasi tidak semakin parah. Warga yang tinggal di sekitar pantai juga mulai khawatir dengan keselamatan mereka jika abrasi ini tidak segera ditangani," kata dia.


Quote:

SUMBER


semoga pemkab sumenep denger keluhan masyarakat :matabelo

put234 29 Jan, 2012

Admin 29 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/abrasi-pesisir-pantai-rusak-pemakaman.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment