Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

ARTIKEL LAINNYA

Thursday, February 2, 2012

Nenek Moyang Pelaut Lebih Tua dari Dugaan Semula

Posted by dody rahman
[imagetag]

Manusia ternyata mulai melakukan aktivitas penangkapan ikan laut dalam lebih awal 30 ribu tahun dari dugaan semula.

Kail ikan dan tulang-belulang ikan yang berusia sekira 42 ribu tahun yang lalu ditemukan di sebuah gua di Timor Timur, menyatakan bahwa manusia mampu menangkap ikan di perairan dalam 30 ribu tahun lebih awal dari dugaan semula, ungkap gabungan tim ilmuwan Australia dan Jepang.

"Hampir 39 ribu tulang belulang ikan ditemukan di dalam sebuah gua di Jerimalai, Timor Timur, 50 meter di atas permukaan laut," ujar Sue O' Connor dari Departement of Archeology and Natural History, Australian National University.

"Sampai saat ini tidak ada bukti bahwa teknologi maritim pada 40 ribu tahun yang lalu," ujar O' Connor, yang juga pimpinan dari studi tersebut. Demikian seperti dikutip dari ST.

"Penemuan ini membuktikan bahwa manusia kala itu sudah memiliki kemampuan membuat kail dan menggunakan tali. Jika mereka menggunakan tali, maka mereka juga mampu membuat jaring, yang bisa digunakan di kapal mereka," tambahnya.

O' Connor menyatakan bahwa penelitian tersebut juga menyediakan informasi mengenai bagaimana cara mereka bisa bertahan di pulau-pulau kecil, sebelum melanjutkan migrasi mereka ke Australia.

Hot Seleb dan Gosip2 Cek ke SUMBER Gan

nyoba 17 Jan, 2012

Admin 17 Jan, 2012


-
Source: http://kamar-asik.blogspot.com/2012/01/nenek-moyang-pelaut-lebih-tua-dari.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments:

Post a Comment